Terekam Kamera CCTV Kompleks, Tak Inginkan Anak Perempuan Ayah Lempar Bayi Merah ke Kontainer Sampah

Sebuah klip kembali viral di media sosial dan kali ini datang dari Negeri Tirai Bambu. Klip dimaksud memperlihatkan pemandangan yang memicu kemarahan. Awalnya seorang pria tampak berjalan sambil memeluk bungkusan.

Terlihat biasa, berikutnya pria tadi terekam melakukan aksi yang membuat para ibu sesak. Bagaimana tidak, bungkusan berisi bayi dalam dekapannya itu dilempar begitu saja ke kontainer tempat pembuangan sampah umum warga.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, beruntung bayi  perempuan yang baru lahir itu ditemukan selamat. Tubuh mungilnya tergeletak dengan tali pusar masih menempel.

Rekaman CCTV polisi mengungkap aksi ayah muda 24 tahun bernama Zhang tersebut. Bersama sang istri Li (21), keduanya  ditahan aparat. Zhang tak mengelak saat dikonfirmasi mengenai aksinya pada dini hari itu.

Sang buah hati ditemukan di samping kontainer kompleks perumahan di Dongguan, Provinsi Guangdong,Tiongkok, Saksi mata kepada The Paper mengatakan korban ditemukan masih dengan tali ari-ari.

Warga membawanya ke Pusat Kesejahteraan Sosial Dongguan untuk perawatan darurat. Tim medis menyebut kondisinya kini baik-baik saja. Polisi Dongguan mengatakan mereka melacak pelaku berdasarkan rekaman kamera keamanan kompleks.

Salah satu klip CCTV yang menarik perhatian petugas memperlihatkan seorang pria bertelanjang dada berjalan seorang diri pada dini hari sambil mendekap bungkusan. Setelah penyelidikan mendalam petugas mengidentifikasi pasangan muda Zhang dan Li sebagai tersangka utama.

Aparat menunggu di luar rumah kontrakan pelaku pada Minggu malam. Keduanya digiring ke kantor polisi usai pulang kerja. Hasil interogasi intens mereka  mengaku membuang putrinya yang baru lahir. Demikian keterangan kepolisian melalui media sosial.

Zhang mengatakan Li melahirkan di rumah kontrakan sekitar pukul 01.00 dini hari Rabu lalu. Sama-sama tak menginginkannya, Zhang dan Li terlibat diskusi singkat yang berujung dibuangnya korban yang baru berusia hitungan jam.

Mengambil jalan pintas, Zhang membawa buah hatinya ke tempat kontainer  dan meninggalkannya di sana. Kini Zhang dan Li tengah menunggu persidangan untuk tuduhan yang sama.

Statistik terbaru menyebut 100.000 bayi di China ditinggalkan orangtuanya setiap tahun atau lebih dari 270 bayi per hari.

Di bawah hukum pidana Tiongkok, orangtua yang meninggalkan anak dapat menghadapi hukuman penjara hingga lima tahun. Namun kenyataannya hanya sedikit saja yang mendapat hukuman karena kurangnya penegakan hukum.

Leave a Reply