6.000 Kamera CCTV Telah Terkoneksi

Sebanyak 7.000 unit kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) milik Pemkot Semarang telah terpasang di tiap RT. Adapun dari jumlah tersebut, 6.000 unit di antaranya telah terkoneksi dengan Situation Room milik Pemkot Semarang.

”Pengerjaan pemasangan dan input aplikasi kamera pengawas CCTV ditargetkan selesai Desember. Berdasarkan komunikasi yang kami jalin dengan pihak kecamatan, tidak ada kendala dalam pemasangan,” ujar Kepala Diskominfo, Bambang Pramusinto.

Adapun kamera pengawas ini yang akan dipasang itu keseluruhan sebanyak 10.293 unit, sesuai dengan jumlah RTdi Kota Semarang. Sementara untuk pengadaan dan lelang kamera pengawas CCTV tersebut berada di ranah masing-masing kecamatan. Dan, hingga saat ini, belum semuanya terpasang karena menunggu pengiriman kamera.

Menurut dia, jumlah CCTV RT di masing-masing kecamatan berbeda- beda. Untuk wilayah kecamatan yang lebih kecil, maka prosesnya sebagian besar sudah selesai. Hal itu karena jumlah RT juga sedikit dan lebih terjangkau. Misalnya, di Kecamatan Candisari dan Kecamatan Tugu.

”Setelah proses pemasangan kamera pengawas CCTV di RT selesai. Langkah selanjutnya dilakukan input dan registrasi. Tujuannya, agar masuk sebagai aset kecamatan. Setelah itu, disambungkan dengan Situation Room untuk diketahui lokasi pemasangan, dengan nama jalan, dan koordinatnya,” terang dia.

Langkah-langkah tersebut berurutan karena proses pemasangan bersifat paralel dan membutuhkan registrasi aplikasi. Adapun untuk penyimpanan memori Network Video Recorder (NVR) atau jaringan video rekaman ada di masing-masing RT. Sebab, masih satu paket dengan pemasangan.

”Sementara untuk monitoring akan ditarik di common center atau sentral bersama di ruang kendali operasi (situation room) di Balai Kota Semarang,” tutur dia. Berdasarkan pantauan di lapangan, sebagian kamera pengawas itu telah dipasang.

Sementara sebagian lain masih menunggu pengiriman unit kamera. Namun, perangkat pendukung seperti kabel sudah sampai di kantor kecamatan. Selain bantuan Pemkot, sebagian warga juga berinisiatif memasang kamera pengawas pribadi. Kamera itu dipasang di tempat-tempat strategis, seperti pintu keluar masuk RT, tempat rawan, dan lainnya.

Camat Semarang Barat, Heroe Soekendar menjelaskan, sebanyak 939 titik di wilayahnya akan dipasang kamera pengawas CCTV. Meski demikian, dia tetap akan menggalakkan warganya untuk menggelar siskamling. Dia menilai, mestinya kamera pengawas hanya sarana mempermudah bukan untuk mengganti siskamling.

Leave a Reply