Sidoarjo Siap Menerapkan Sistem e-Tilang. Dua Titik Sudah Dipasangi Kamera CCTV

Kabupaten Sidoarjo akan menjadi kota/kabupaten kedua di Jawa Timur yang menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang online (e-Tilang).

Sebelumnya, kota Surabaya sudah lebih dulu menerapkan sistem tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan, saat ini sudah ada 2 titik pemasangan CCTV di Sidoarjo. CCTV yang terhubungan dengan Command Center Polda Jatim itu akan mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas, salah satunya pelanggaran batas kecepatan maksimal dalam kota.

“Dua titik dulu sambil evaluasi, ada di Jl. Jenggolo dan di Waru. Nanti kami usulkan penambahan melalui PAK 2020,” ungkapnya kepada sidoarjonews.id,

Bahrul amig menjelaskan bahwa CCTV yang terpasang tersebut kualitasnya sama seperti yang telah terpasang di Surabaya. CCTV tersebut dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas mulai dari segi kecepatan pengendara hingga mampu menembus kaca film 80%.

Mengenai kapan akan mulai diterapkan, ia mengatakan bahwa pihaknya sementara ini masih terus melakukan evaluasi dan berkoordinasi dengan Kasatlantas Polresta Sidoarjo.

“Pemberlakuan e tilang masih nunggu polresta melalui kasatlantas, akan ada sosialisasi sekaligus uji coba,” ucapnya.

Leave a Reply