Aksi Curanmor Di Lembang Terekam Kamera CCTV, Pelaku Hanya Butuh 10 Detik

Dalam video berdurasi 57 detik itu, terlihat seorang pria dalam hitungan detik mampu menggondol motor matic jenis Honda Beat milik remaja asal Kabupaten Subang. 

Asep (35), penjaga masjid Al-Ikhlas mengatakan, pencurian terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Menurut dia, korban masih berusia remaja asal Kabupaten Subang. 

“Motor korban diparkir persis di depan mesjid dan dikunci stang. Kebetulan pas kejadian itu, penjaga parkir juga sedang ikut salat dzuhur,” kata Asep di lokasi. 

Dalam video, terlihat pria berkopiah hitam mengenakan jaket kulit mengamati sekitar lokasi. Saat dirasa aman, pelaku melancarkan aksinya dengan merusak kunci kontak menggunakan alat serupa kunci letter T. 

Pelaku hanya memerlukan waktu sekitar 10 detik untuk merusak kunci kontak motor. Setelah itu pelaku bergegas membawa kabur sepeda motor beserta dua helm milik korban menuju arah utara. 

Menurut Asep, peristiwa pencurian kendaraan bermotor di halaman Masjid Al-Ikhlas kerap terjadi. Sedikitnya empat motor, satu mobil dan barang berharga milik jemaah mesjid dilaporkan hilang. 

“Oleh karena itu, sejak enam bulan lalu di sekitar masjid dipasangi kamera CCTV,” ujar dia. 

Asep berharap, pihak kepolisian bisa segera mengungkap serta menangkap pelaku, karena pencurian di sekitar masjid telah meresahkan jemaah dan warga sekitar. 

“Selain kendaraan barang berharga jemaah juga sering hilang. Bahkan sendal sakalipun. Untuk yang ini korban sudah melaporkan kejadian tersebut kepada polisi,” tuturnya. 

Terpisah, Kanit Reskrim Polres Lembang, Ipda Yuhadi menyatakan bahwa pihaknya tengah memburu pelaku pencurian motor di Masjid Al-Ikhlas, Cikole. 

Polisi, kata dia, juga sedang berupaya mengungkap pelaku pencurian yang lain di kawasan Lembang. Pasalnya, dalam sepekan ini sudah dua unit motor yang hilang. 

“Untuk antisipasi, kami melalui Bhabinkamtibmas selalu imbau masyarakat agar menaruh motor di tempat aman. Kemudian melengkapi sistem keamanan dengan kunci ganda,” katanya. 

Leave a Reply