Dishub Singkawang Dukung Pengadaan Kamera CCTV Lalu Lintas

Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Kalbar Sumastro menyatakan siap mendukung program CCTV lalu lintas untuk diterapkan di kota setempat. 
 
“Sepanjang perangkatnya disiapkan, saya siap mendukung itu,” kata Sumastro di Singkawang, Selasa. 
 
Hanya saja, katanya, apabila CCTV lalu lintas itu sudah diberlakukan Command Center-nya akan berada di mana? Apakah di Kantor Wali Kota atau di Diskominfo. 
 
“Karena tidak mungkin Command Center-nya di Dishub,” ujarnya. 
 
Tapi, kalau untuk mengontrol CCTV yang ada di jalan itu jelas ada di Dishub. Karena Dishub sebagai eksistensi pembinanya. 
 
Dia mengatakan, untuk “control room” di Dishub itu harus ada juga mengenai skala kecilnya. Karena control room di dinas inilah yang bertugas untuk memantau situasi jalan. 
 
“Tapi ini tergantung dari kebijakan Diskominfo. Kalau kami Welcome saja, sepanjang ada perangkat keras dan lunaknya serta infrastrukturnya conek ke kami, maka akan kami jalankan. Yang jelas sepakat dulu, sebagai leading sektor utamanya yakni Diskominfo mau mengarahkan ke mana. 
 
Menurutnya, semua SKPD duduk satu meja dulu guna meletakkan skala prioritasnya sambil menyiapkan dokumen-dokumen mengenai program tersebut. 
 
Wali Kota Singkawang terpilih, Tjhai Chui Mie sangat mendukung pemasangan CCTV lalu lintas tersebut. “Karena akan meningkatkan keamanan di Kota Singkawang,” kata Tjhai Chui Mie singkat. 
 
Sebelumnya, Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat, mengatakan, pihaknya akan memberlakukan CCTV lalu lintas pada tahun 2018 mendatang. 
 
“Kita sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Singkawang terpilih terkait hal ini, bahwa kita akan melakukan monitoring atau pengamanan kota Smart City secara terpadu antara Pemkot dengan Polres Singkawang,” kata Yuri di Singkawang. 
 
Terlebih, katanya, Polres Singkawang juga saat ini sudah memiliki Singkawang Command Center (SCC) yang mana di situ juga sudah terpasang CCTV yang nantinya akan pihaknya koneksikan dengan CCTV lalu lintas yang terpasang. 
 
“Artinya CCTV yang sudah terpasang di Polres akan kita konekkan dengan CCTV yang dipasang oleh Pemkot Singkawang,” ujarnya. 
 
Sehingga kerjasama antara Pemkot dan Polres Singkawang bisa lebih bersinergi, lantaran Wali Kota bisa memantau kondisi kota begitu juga dengan Kapolres bisa memantau situasi kota dengan ITE yang ada. 
 
Karena bagaimanapun pemasangan CCTV lalu lintas ini selain dapat digunakan untuk memantau situasi keamanan lalu lintas juga bisa dipergunakan untuk pengungkapan kasus kriminal. 
 
Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Priyanto mengatakan, tahun 2018 mudah-mudahan pemasangan CCTV lalu lintas bisa dilakukan. 
 
“Kami dari Forum Lalu Lintas sudah beberapa kali melaksanakan rapat untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas khususnya di Kota Singkawang,” kata Priyanto. 

Leave a Reply