Ini Dia Tips dari Polisi Untuk Hindari Pencurian Sepeda Motor Dengan Memasang Kamera CCTV

Aksi pencurian sepeda motor yang kerap terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya disebabkan karena kurangnya kehati-hatian masyarakat. Misalnya, sepeda motor tidak dikunci ganda atau memarkirkan kendaraan secara sembarangan. 
 
Lalu bagaimana tips aman agar terhindar dari pelaku pencurian sepeda motor yang kerap beraksi baik di siang hari ataupun malam hari. 
 
Kanit Reskrim Polsek Kembangan, AKP Niko Purba memberikan tips agar terhindar dari pelaku pencurian. 
 
Pertama, pemilik kendaraan jangan memarkirkan kendaraan secara sembarangan sekalipun itu di dekat rumah. 
 
“Jangan memarkir kendaraan di sembarang tempat kalau berada di suaty tempat, parkirlah di tempat yang resmi dan ada petugas keamanan (juru parkir),” kata Niko kepada AKURAT.CO Minggu (11/10/2020). 
 
Kedua, parkirkan kendaraan yang terdapat CCTV nya atau memasang CCTV di sekitar rumah. Sehingga apabila terekam CCTV dan termonitor dalam layar tv, maka akan mencegah aksi pencurian.  
 
Dengan adanya CCTV itu juga menudahkan pihak kepolisian dalam menyelidiki kasus pencurian. 
 
“Usahakan memarkirkan kendaraan yang terdapat CCTV,” tegasnya. 
 
Ketiga, pastikan meninggalkan kendaraan anda dalam posisi terkunci. 
 
Keempat, Kunci stang ke arah kanan karena posisi ini menghambat para pelaku pencurian dalam beraksi. Bahkan, dalam beberapa kasus percobaan pencurian pelakunya selalu gagal beraksi. 
 
“Kelima, apabila harus memarkirkan di tempat yang kurang memadai atau tidak ada petugas keamanan (juru parkir), pastikan menambah dengan kunci pengaman (seperti memasang gembok pada rem cakram),” ungkap dia. 
 
Keenam, jika parkir kendaraan yang tidak ada juru parkirnya, jangan meninggalkan terlalu jauh. Sebab, sepeda motor itu bisa terpantau oleh pemilik kendaraan yang ada di suatu tempat tanpa juru parkir. 
 
Ketujuh, pemilik kendaraan harus bisa memasang alarm anti maling agar ketika kunci stang di rusak oleh pelaku bisa langsung ketahuan.  
 
“Gunakan alarm anti maling. Terus yang kedelapan memanfaatkan teknologi Side Stand Switch. Pada saat memarkirkan sepeda motor dalam waktu lama sebaiknya sepeda motor menggunakan standar tengah namun turunkan juga standar samping. Terakhir itu cabut tutup busi sepeda motor,” tandasnya. 

Leave a Reply