Dua Pemuda Perusak Puluhan Baliho Gus Muhdlor – Subandi Terekam Kamera CCTV Segera Dilaporkan APH

Semakin membanjirnya dukungan terhadap Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) – Subandi berdampak besar. Salah satunya berdampak pada kasus dugaan perusahan puluhan baliho dan spanduk milik Paslon nomor urut 2 yang diusung PKB itu. 

Diduga aksi perusakan baliho yang sempat terekam CCTV itu, dilakukan oleh dua oknum pemuda. Dugaan sementara keduanya, sengaja disuruh orang tak bertanggungjawab untuk merusak baliho dan spanduk itu. 

Kendati demikian, para relawan dan simpatisan Gus Muhdlor-Subandi tetap diminta tenang. Akan tetapi, kasus dugaan perusakan baliho ini bakal segera dilaporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH) lantaran ada dugaan kesengajaan dengan cara dirobek menggunakan benda tajam itu. 

“Kami sangat menyayangkan aksi perusakan baliho itu. Meski semua itu bagian dari proses demokrasi. Kami akan melapor ke pihak terkait (APH) sebagai bentuk pengawalan proses Pilkada Sidoarjo 2020,” ujar Sullamul Hadi Nurmawan, Ketua Tim Pemenangan Gus Muhdlor- Subandi, Selasa (13/10/2020). 

Politisi yang akrab dipanggil Gus Wawan yang juga mantan Ketua DPRD Sidoarjo mengaku pihaknya saat ini masih bakal melakukan pendataan atas jumlah kerusakan puluhan baliho Gus Muhdlor-Subandi itu. Bahkan saat ini, dirinya meminta seluruh Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Koordinator Desa (Kordes) untuk mendata dan melaporkan kerusakan baliho dan spanduk itu. Teruma yang rusaknya diduga sengaja dirusak orang tak bertanggung jawab. 

“Kami menaksir ada puluhan baliho yanh rusak. Tapi kami masih menunggu laporan detail jumlahnya,” tegasnya 

Berdasarkan datanya kerusakan baliho Paslon Sidoarjo MAS (Maju, Aman dan Sejahtera) ini tidak rusak alami. Ada dugaan karena sengaja dirusak orang. Yakni dengan cara merobek dengan benda tajam. 

Salah satunya aksi perusakan baliho di kawasan Sedati yang sempat terekam CCTV. Aksi perusakan itu diduga dilakukan dua pemuda pengendara motor berboncengan. Dalam video berdurasi 1.35 menit itu, kedua pemuda yang berboncengan itu berhenti di samping baliho. Kemudian, salah seorang pemuda, turun dan menyelinap tidak kelihatan dibalik baliho. Setelah muncul dari balik baliho, pemuda yang turun dari motornya itu menengok ke kanan kiri. Setelah itu, mendekat ke baliho dan merobek baliho seperti dengan menggunakan benda tajam berkali-kali 

Leave a Reply