Pantau Titik Api Via Kamera CCTV

Melalui kamera CCTV yang dipasang pada setiap tower, titik api kini sudah semakin mudah dipantau. Bahkan petugas juga bisa mengetahui penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Baru-baru ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun menemukan titik api di Kecamatan Limun, Sarolangun. Titik api ini terpantau melalui CCTV yang terpasang di tower di sekitar area lahan milik warga. 

“Telah terjadi Karhutla di Kecamatan Limun, tepatnya di Desa Berkun. Kejadiannya Rabu (14/10) kemarin sekitar pukul 17.00. Ada kemunculan asap, setelah kita turun ke lokasi, ternyata memang ada kebakaran di kebun milik masyarakat,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sarolangun, Yen Aswadi, Kamis (15/10). 

Kata dia, area kebakaran yang terjadi tidak terlalu luas. Hanya sekitar 0,5 hektare dari total luas kebunnya yang mencapai 5 hektare. 

“Berdasarkan hasil penelusuran kami, ini sengaja dibakar. Tujuannya pemilik lahan ingin memperluas area kebunnya, tapi sudah kami minta kepada yang bersangkutan untuk memadamkan apinya,” akunya. 

Menurut Yen, tindakan ini tetap melanggar hukum. Karena perbuatan membakar hutan, kebun dan lahan dengan sengaja untuk kepentingan apapun dilarang oleh undang-undang. 

“Kepada yang bersangkutan, sudah kami berikan edukasi bahwa perbuatannya bisa melanggar hukum. Dan syukurnya yang bersangkutan bisa memahami. Jadi saat ini belum ada masalah,” pungkasnya. 

Leave a Reply