Terekam Kamera CCTV, Pencuri Motor di Halaman Masjid di Kota Tegal Akhirnya Ditangkap Polisi

Tersangka pencuri sepeda motor di halaman Masjid Al-Falah Jl. Slamet Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, akhirnya ditangkap polisi. 

Kurang dari sepekan, pelaku Ain Nurifan (23) warga Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang ini akhirnya dibekuk setelah aksinya terekam karena CCTV. 

“Tim meluncur setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan pelaku. Pelaku AN kami ringkus di sebuah tempat sekitar pukul 21.30 WIB,” kata Kasat Reskrim AKP Syuaib Abdullah, mewakili Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo. 

Pelaku saat ini mendekam di sel tahanan Mapolres Tegal Kota dan tengah dilakukan penyidikan untuk proses hukum lebih lanjut. Barang bukti yang berhasil diamankan, satu unit sepeda motor Yamaha Mio J warna merah No Pol. G-5250-KZ, dan BPKB, satu buah kunci sepeda motor .  Termasuk satu lembar surat bukti pelanggaran lalu lintas tertentu (tilang) No F 5154913 dari Polres Purbalingga, tanggal 12 Oktober 2020. 

“Pelaku kita jerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” pungkas AKP Syuaib. 

Diberitakan sebelumnya, kasus pencurian sepeda motor mulai marak di Kota Tegal. Dalam 1×24 jam, ada 3 unit motor dicuri di dua wilayah berbeda. Yakni Kecamatan Tegal Timur dan Kecamatan Margadana. 

Dari 3 peristiwa pencurian itu, 2 di antaranya terekam CCTV. Aksi pencurian pertama terjadi di Kecamatan Margadana. Dalam rekaman video kamera pengawas, pencuri menggasak sepeda motor di halaman sebuah gedung di pinggir Jalan Pantura pada Sabtu malam (10/10/2020). 

Kemudian, keesokan harinya pada siang, pencurian motor kembali terjadi di halaman sebuah masjid di Kecamatan Tegal Timur. Aksi pencuri itu juga terekam CCTV. 

Dalam video tersebut, pelaku yang mengenakan baju lengan panjang warna biru dan celana putih tampak secara diam-diam mengambil sepeda motor matic yang terparkir. Hanya dalam waktu 2 menit, pelaku berhasil membawa kabur motor tersebut. 

“Terjadi tiga curanmor di Kota Tegal, dua di Kecamatan Margadana, satu di Tegal Timur,” kata Kasat Reskrim Polres Tegal Kota AKP Syuaib Abdullah, mewakili Kapolres AKBP Rita Wulandari Wibowo di Mapolres. 

Syuaib mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut. Polisi bahkan telah mengamankan sebuah barang bukti rekaman video CCTV untuk kasus pencurian di Tegal Timur. 

“Kita masih melakukan pendalaman, dan kita sudah menemukan barang bukti berupa CCTV yang menggambarkan pelaku sedang melancarkan aksinya,” kata dia. 

Leave a Reply