Video Viral, Pasien Covid Membeludak Terekam CCTV Rumah Sakit di Malang

MALANG, iNews.id – Video viral kondisi pasien Covid-19 yang menjalani perawatan, membeludak di ruang IGD rumah sakit di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Rekaman CCTV tersebut beredar di media sosial Twitter. Kasubbag Humas RSUD dr Saiful Anwar Malang, Donny Iryan mengatakan, video yang tersebar ini memang mirip IGD InCovid rumah sakit daerah tersebut.

“Kami belum bisa memastikan kebenaran video-video ini. Tapi kalau melihat lagi, memang sangat menyerupai ruangan InCovid RSUD dr Saiful Anwar,” kata Donny di Kota Malang, Jatim, Sabtu (19/12/2020). Namun dia mengakui, tingkat keterisian ruang perawatan Covid-19 di rumah sakit sudah hampir penuh atau mencapai 85 persen.

Video viral tersebut, kata dia, bisa jadi diambil saat terjadi stagnasi pasien. Yakni ketika ruang perawatan penuh dan pasien-pasien terkonfirmasi positif virus corona membeludak di IGD InCovid. Video itu diunggah akun Joel Picard, Jumat (18/12/2020) kemarin. Tampak sejumlah pasien dirawat di ruangan rumah sakit, didampingi tenaga medis dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Upaya sementara yang akan dilakukan RSUD dr Saiful Anwar Malang yakni memodifikasi sejumlah ruangan termasuk menambah bed di IGD, sehingga dapat menampung pasien-pasien dengan gejala atau terkonfirmasi Covid-19. Namun hal ini belum dapat direalisasikan karena keterbatasan tenaga medis yang bekerja selama pandemi Covid-19. Sebagian dari mereka kelelahan, karena angka kasus corona di Kota Malang terus meningkat.

Leave a Reply