Antisipasi Tindak Kriminalitas, Seluruh Tempat Ibadah di Badung Diminta Pasang CCTV

BADUNG, iNews.id – Seluruh pengurus tempat ibadah yang berada di Kabupaten Badung, Bali diimbau agar memasang CCTV. Ini untuk memudahkan polisi dalam melakukan penyelidikan ketika terjadi tindak pidana kriminalitas.
“Pada kesempatan ini, saya mengimbau kepada para pengurus yang ada di tempat-tempat ibadah baik di gereja, pura, masjid, maupun vihara, tolong bantu kami dengan pemasangan CCTV. Kami kesulitan karena memang tidak ada CCTV di seputaran lokasi,” ujar Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi saat konferensi pers di Polsek Mengwi, Selasa (22/12/2020).

Dia mengatakan, pemasangan CCTV di sekitar area tempat ibadah akan membantu dan memudahkan proses identifikasi jika terjadi kasus pencurian atau tindak pidana lainnya. “Terkait pengungkapan kasus pencurian di area tempat ibadah, untuk sementara ini kami belum membentuk tim khusus. Kami masih mengandalkan dan percaya kemampuan unit buser dan intel, beserta penyidik reskrim teruji kemampuannya, terutama dalam pengungkapan kasus,” katanya.

Sebelumnya, telah terjadi pencurian Pratima (benda suci umat Hindu) di Pura Penataran dan Pura Pasek Gelgel di Desa Adat Blahkiuh. Di Pura Penataran, pelaku mencuri Pratima berbentuk patung dan soca. Sementara di Pura Kawitan Pasek Gelgel, tidak ada Pratima yang dicuri namun pelaku hanya mengacak-acak isi pura.

Selain itu, benda suci umat Hindu yang berada dalam kotak Pratima juga hilang. Yaitu Pratima berbentuk kuda, satu batang daun gender warna kuning, bunga-bunga emas uang bolong satak, gelang perak, sabuk perak dan anting-anting emas. Hingga saat ini, penyidik Polres Badung terus melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap kasus pencurian dan menangkap pelakunya.

Leave a Reply