Jangan Macam-macam, Gerak-gerik di Kota Serang Terpantau CCTV

KABAR BANTEN – Dalam rangka menuju Smart City atau kota pintar, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah menyebar puluhan Closed-Circuit Television (CCTV) guna memantau aktivitas masyarakat maupun pengendara.

CCTV ditempatkan di sejumlah titik antara lain di Pasar Rau, simpang empat Pocis, Pasar Lama, Stadion Maulana Yusuf, Royal, dan Terondol.

“Titik CCTV tersebut kami pasang untuk memantau aktivitas masyarakat di jalan raya. Sehingga apabila terjadi sesuatu kami bisa langsung atasi, seperti kemacetan,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang W Hari Pamungkas, Jumat 1 Januari 2021.

CCTV tersebut, kata dia, sudah terpasang sejak 2019 lalu dan terpantau langsung di Command Center di Kantor Diskominfo Kota Serang.

“Sudah langsung terpusat di Command Center, jadi memudahkan kami juga untuk melakukan pemantauan,” ujarnya.

Selain di Diskominfo, CCTV juga terhubung langsung dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang.

“Iya, jadi kalau ada kemacetan atau kepadatan lalu lintas Dishub langsung turun ke lapangan untuk mengatur. Termasuk ke Polres Serang Kota ini (CCTV) juga sudah terhubung,” ucapnya.

Dikatakan Hari, 22 titik pemasangan CCTV tersebut merupakan milik Pemkot Serang dan berbeda dengan yang berada di jalan utama atau Jalan Protokol.

“Kalau itu (Jalan Protokol) langsung ke provinsi, kalau yang 22 ini punya pemkot,” tuturnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Integrasi Aplikasi Bidang e-government pada Diskominfo Kota Serang Ahmed Beiruni mengatakan, selain CCTV Pemkot Serang melalui Diskominfo juga akan terus mengembangkan sejumlah teknologi dan digitalisasi di beberapa ruang publik.

“Seperti WiFi nanti kami akan ke beberapa ruang publik juga, kalau CCTV kan sudah ada di 22 titik. Kemudian aplikasi yang kami luncurkan juga sudah berjalan, seperti aduan masyarakat baik melalui Rabeg maupun 112,” ujarnya.

Bahkan, tutur dia, di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk kantor kelurahan sudah terpasang internet atau Wi-Fi.

“Sampai ke tingkat kelurahan itu sudah terpasang (Wi-Fi) tinggal nanti kami kembangkan lagi ke area publik. Kalau sekarang kan baru Taman Deduluran saja yang sudah,” ucapnya.

Leave a Reply