Aksi Kejahatan Terekam CCTV, 2 Begal di Semarang Ditangkap Polisi

SEMARANG, iNews.id – Tim Resmob Polrestabes Semarang menangkap dua begal handphone yang beraksi di kawasan Mijen, Semarang. Mereka diringkus setelah aksi kejahatan yang dilakukan terekam kamera CCTV. Dua pelaku yang ditangkap adalah Desta Saputra dan Vendi Susilo.

Bahkan Vendi Susilo ditembak kakinya saat proses penyergapan. “Modus pelaku adalah mencari sasaran di tempat sepi, dan korban sendirian,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Indra Mardiana, Kamis (14/1/2021).

Dari pemeriksaan, kedua pelaku ternyata telah melakukan aksi serupa di 16 lokasi. Polisi juga menangkap dua orang yang diduga sebagai penadah hasil kejahatan kedua pelaku. Polisi menyita barang bukti berupa 40 telepon seluler, sepeda motor, serta korek api yang bentuknya menyerupai pistol.

Kedua pelaku merupakan residivis yang pernah terlibat kasus pencurian dan pemerkosaan. Kedua begal ini selanjutnya dijerat pasal 365 KUHP tentang perampokan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Sedangkan para penadahnya, dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara.

Sebelumnya, Desta Saputra dan Vendi Susilo merampas telepon seluler milik pengendara motor yang berteduh di depan toko bangunan di Mijen, Semarang. Sempat terjadi duel antara pelaku dengan korban yang berusaha mempertahankan barangnya.

Salah satu pelaku sempat menodongkan benda mirip pistol yang belakangan adalah korek api. Dalam duel, korban gagal mempertahankan telepon miliknya dan pelaku melarikan diri. Kejadian ini pun terekam kamera CCTV di lokasi, dan kedua pelaku akhirnya berhasil dibekuk.

Leave a Reply