Polda Metro Ingatkan Asosiasi Minimarket Pasang CCTV

AKURAT.CO, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengimbau pengusaha minimarket melengkapi lokasi usahanya dengan kamera pengintai (CCTV) untuk meminimalisir perampokan.

Imbauan Yusri disampaikan setelah viral di media sosial aksi perampok minimarket di Alfamart di kawasan Ciputat. Perampok yang berjumlah empat orang sudah diamankan polisi di kawasan Parung, Bogor.

“Kami sudah imbau kepada asosiasi minimarket untuk bisa siapkan minimal CCTV. Juga kedua ada petugas sekuriti,” ujar Yusri kepada pewarta, Selasa (26/1/2021).

Yusri menyebut, CCTV yang terpasang sebagai bentuk pencegahan karena pelaku kejahan akan berpikir dua kali untuk beraksi. Sebab, keberadaan rekaman CCTV akan memudahkan aparat kepolisian dalam menyelidiki kasus kejahatan.

“Ini (CCTV dan sekuriti) tindakan preemtif pencegahan yang kita lakukan. Minimal kita bisa minimalisir kejadian perampokan khusus di minimarket-minimarket,” tutur Yusri.

Berkaca pada kasus di Ciputat, lanjut Yusri, polisi bisa menangkap pelaku dua hari setelah kejadian berkat rekaman CCTV.

“Alhamdulillah terekam CCTV yang ada di minimarket sehingga pergerakan mereka diketahui. Kemudian dilaporkan oleh pemilik minimarket ke Polda Metro Jaya. Tanggal 17 dilaporkan tim langsung bergerak, dalam dua hari kita bisa ungkap dan tangkap pelaku,” ungkap Yusri.

Sebelumnya, empat perampok brankas Alfamart di Jalan Suka Damai, Kelurahan Sarua Indah, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan pada Minggu (17/1/2021) kemarin diciduk Unit IV Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Keempat tersangka itu berinisial RJ (20), WAM (20), MFA (26) dan AG (19).[]

Leave a Reply