Parah, Tiga Kamera CCTV di Sepanjang Jalan Pantura Tidak Berfungsi

REMBANG, suaramerdeka.com – Tiga kamera pengintai alias CCTV milik Pemkab Rembang yang dipasang di sepanjang Jalan Pantura mati alias tidak berfungsi. CCTV yanhg berada di tiga titik tersebut sudah mati lebih dari setahun lalu.

Kamera pengintai tersebut antara lain berada di Pertigaan Tugu Adipura depan Kantor Bupati Rembang. Perempatan Masjid Jami Lasem, serta depan Mapolsek Sluke. Ketiganya belum diperbaiki lantaran keterbatasan anggaran dari Pemkab Rembang.

Secara otomatis, insiden-insiden penting yang terjadi di tiga lokasi tersebut tidak bisa terpantau kamera pengintai. Padahal, ketiga lokasi tersebut, terutama Pertigaan Adipura adalah tempat vital lantaran berada di depan Kantor Bupati dan DPRD.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Daenuri saat dihubungi menyatakan, usulan perbaikan sudah pernah dilakukan. Namun, kendalanya adalah keterbatasan anggaran yang tersedia. Pada 2020, pihaknya juga pernah mengusulkan pengadaan 10 unit CCTV baru.

Usulan tersebut pada akhirnya tidak bisa terealisasi lantaran ada kebijakan realokasi anggaran terkait pandemi Covid-19. Tahun ini, Dinas Perhubungan juga tidak mengusulkan pengadaan CCTV lantaran keterbatasan anggaran.

“Ada tiga CCTV yang kamki miliki. Satu unit di Pertigaan Adipura, bisa menghadap ke tiga arah. Di Perempatan Masjid Jami Lasem bisa menghadap ke 3 arah. Terakhir, di depan Mapolsek Sluke bisa menghadap 2 arah. Ketiga titik itu, saat ini kondisinya mati,” jelas Daenuri.

Terkait dengan rencana penerapan e-tilang di sejumlah daerah oleh kepolisian, Daenuri mengaku belum diajak komunikasi. Pihaknya masih akan menunggu lantaran hal itu menjadi kewenangan kepolisian.

“Jika e-tilang sarana penunjangnya adalah CCTV milik Pemkab, maka Rembang belum siap melakukan hal itu (e-tilang). Tapi, kaluu sarana yang digunakan ponsel petugas atau masyarkat itu lebih bagus, asal tidak dimanipulasi,” ujarnya.

Wakapolres Rembang, Kompol Tamlikan mengungkapkan, terkait e-tilang pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Jateng. Sehingga, sampai sekarang bisa bisa dipastikan apakah Rembang akan menerapkan e-tilang atau tidak.

“Kami masih koordinasi dengan Polda Jateng terkait rencana e-tilang. Pastinya, kami akan menyesuaikan program itu. Sarana penunjang adalah kamera pengawas yang akan dipasang kepolisian. CCTV Pemkab bisa dikoneksikan, asal berfungsi. Tinggal menambah alat recorder,” tandasnya.

Leave a Reply