ART Pembuang Bayi di Bak Sampah Terekam CCTV

SEMARANG, KOMPAS.TV – Dari bukti rekaman kamera CCTV, ada seorang perempuan yang membuang bayinya di bak sampah di Kota Semarang, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap. Kepada polisi pelaku mengaku malu karena melahirkan anak di luar pernikahan, sementara kekasihnya telah meninggal dunia.

Aparat Resmob Polrestabes Semarang akhirnya berhasil mengungkap identitas pelaku pembuang bayi yang terekam CCTV, di bak sampah di depan rumah warga di Jalan Batan Miroto Semarang, pada hari Senin 7 Desember 2020 lalu. Seorang perempuan bernama Sinta Arum Sari, 20 tahun, warga Kabupaten Batang.

Sinta, yang tak lain merupakan asisten rumah tangga mengaku sejak usia kandungan tiga bulan, calon ayah bayinya meninggal dunia. Karena malu dan tertekan, usai persalinan di kamar Sinta membungkus dan membuang bayinya yang saat itu keadaan masih hidup di bak sampah, yang jaraknya 200 meter dari rumah tempatnya bekerja.

Saat membuang bayi tersebut, langkah Sinta sempat terekam kamera CCTV. Pelaku kemudian membuang tas berisi bayi ke dalam bak sampah. Selang 5 jam kemudian, bayi tersebut ditemukan oleh warga namun sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Akibat perbuatannya, pelaku bakal dijerat pasal 76c junto pasal 80 ayat 3 dan 4, UU RI nomor 35 tahun 2014, tentang perlindungan anak dengan membiarkan melakukan kekerasan terhadap anak hingga mengakibatkan mati yang dilakukan oleh orangtuanya, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan atau denda paling banyak Rp 3 Miliar.

Leave a Reply