Meminimalisir Pencurian, Sejumlah Pasar Tradisional Cimahi Dipasangi CCTV

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi tengah gencar memasang close circuit television (CCTV) pada sejumlah pasar tradisional. Hal tersebut guna meminimalisir aksi pencurian serta mencegah terjadinya kebakaran.

Kepala UPTD Pasar Kota Cimahi, Syahrizal Yusuf mengatakan, sejak beberapa tahun lalu pihaknya sudah memasang CCTV di seluruh pasar tradisional yang dikelola Pemkot Cimahi yakni Pasar Atas Baru (PAB), Pasar Cimindi, Pasar Melong, dan Pasar Citeureup.

“Masing-masing pasar dipasangi CCTV dengan jumlah yang berbeda. Misalnya di Pasar Atas dipasang di 90 titik, Pasar Cimindi 9 titik, serta Pasar Citeureup dan Pasar Melong masing-masing 4 titik,” ucap Syahrizal, Senin (1/2).

Jumlah CCTV yang dipasang berdasarkan pertimbangan dari luas bangunan pasar tersebut. Pemasangan CCTV ini sengaja dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang maupun pengunjung yang datang.

Dengan adanya CCTV ini bisa terekam semua aktivitas, termasuk jika ada tindak kejahatan. Selain untuk memaksimalkan keamanan, juga untuk memantau hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

“Jika ada kebakaran bisa langsung lakukan tindakan, sehingga bisa diminimalisir. Dengan adanya CCTV ini sangat membantu, terutama petugas keamanan. Tahun lalu ada 2 kejadian pencurian terekam CCTV dan pencurinya bisa ditangkap yakni pencurian motor dan pembongkaran kios,” ujarnya.

Leave a Reply