Klungkung Menuju Smart City, Bupati Suwirta Pasang CCTV Analitic di Lokasi Wisata

AKURAT.CO, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung akan memasang CCTV Analitic yang mampu mengenali wajah pengunjung wisata. Hal ini merupakan perwujudan komitmen untuk menjadikan Klungkung sebagai salah satu Smart City di Indonesia.

“Ini merupakan salah satu langkah penting untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, tentunya demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat”, ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (11/02/2021).

CCTV Analitic yang dapat mengenali wajah dalam jarak 25 sampai 50 meter ini akan dipasang di pantai kawasan Nusa Penida yaitu Pantai Atuh, Kelingking Beach, Pasih Uug, Angel’s Billabong, dan kawasan Devil Tears.

CCTV Analitic ini diharapkan dapat mempermudah pemantauan pada wisatawan maupun oknum yang mau berbuat kriminal serta dapat mengawasi keadaan daerah wisata agar dapat diambil tindakan yang cepat dan tepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami harapkan hal ini dapat mempertinggi efisiensi dalam memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kenyamanan warga maupun wistawan”, jelas Bupati Suwirta.

Suwirta juga mengharapkan pemasangan CCTV Analitic nantinya dapat menopang program Cleanliness, Health, Safety, dan Environment atau CHSE yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang juga sudah berjalan di Nusa Penida.

“Tentunya kami tetap pada komitmen kami untuk mewujudkan kesadaran akan keselamatan dan keamanan di kalangan pelaku pariwisata di tengah pandemi COVID-19,” pungkas Suwirta.

Terekam CCTV, Aksi Keji Pengasuh Aniaya Pria Autis yang Bisu
Suara.com – Sebuah rekaman CCTV memperlihatkan aksi pengasuh keji yang menampar, mendorong dan menyeret seorang pria penyandang autisme di sekitar rumahnya.

Seperti disadur dari Metro.co.uk, Selasa (11/2/2020), Pearline Baugh, 62 tahun, terbukti melakukan pelecehan brutal terhadap Peter Evans, 20 tahun, yang memiliki autisme, epilepsi dan bisu.

Ibu empat anak itu dipenjara selama empat bulan setelah mengakui tuduhan memperlakukan seseorang secara buruk bulan lalu.

Kini, rekaman yang baru dirilis polisi, mengungkap penganiayaan setelah Baugh dipekerjakan sebagai penjaga malam ketika pasiennya berjuang untuk tidur.

Terungkap dalam video, alih-alih merawat Peter, Baugh memaksanya berdiri diam di tengah malam. Sementara, Baugh duduk sambil mengisap rokok elektrik di sofa, serta memegang tangannya dengan kuat di atas mulutnya.

Ibunya, Louise Evans, 41 tahun, yang memiliki putra autis lainnya, 11 tahun, dengan epilepsi dan ADHD, membutuhkan perhatian ekstra untuk Peter, yang ‘cenderung cocok beberapa kali sehari’, dan membutuhkan ‘banyak perawatan’.

Dia mengaku ‘patah hati’ ketika dia memeriksa kembali rekamannya. Aksi keji Baugh membuatnya hancur dan juga berdampak lama pada Peter.

“Saya patah hati, apa yang saya lihat di video-video itu menghancurkan saya. Saya mempercayai Pearline Baugh seperti anggota keluarga tetapi dia ternyata seorang aktris yang baik. Dia jahat,” ujar Louise kepada Birmingham Live, seperti dikutip Suara.com.

Baugh, yang disediakan sebagai pengasuh oleh Dolphin Care Services, dipercaya merawat Peter di lantai bawah. Sementara, sang ibu yang kini sudah janda tidur di lantai atas di rumah keluarga di Bartley Green, Birmingham.

Ketika Louise memeriksa kembali rekamannya, dia melihat perlakuan brutal yang dilakukan pengasuh terhadap putranya.

“Saya memiliki kamera keamanan yang dipasang di ruang tamu saya. Bukan untuk memantau penjaga tetapi untuk mengawasi anak-anak itu jika aku perlu pergi ke ruangan lain. Pearline bahkan menyadari kamera – itu tidak disembunyikan,” ujar Louise.

Louise melanjutkan: “Aku melihat Pearline menyeret Peter dengan piyamanya, menekuk tubuhnya menjadi dua, mendorongnya ke tempat tidur dan menampar wajahnya. Saya benar-benar patah hati. Dan semakin saya melihat video, semakin banyak insiden yang terjadi.”

Birmingham Crown Court mendengar bahwa ketika Louise berhadapan dengan Baugh, dia membantah tuduhan itu dan disuruh meninggalkan rumah.

Louise menyerahkan rekaman video itu kepada petugas yang melakukan penyelidikan, sebelum Baugh ditangkap dan didakwa.

Leave a Reply