Kawanan Perampok Kuras 3,7 Kg Emas di Banyuwangi, Aksi Terekam CCTV

BANYUWANGI, iNews.id – Kawanan perampok menguras toko emas di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, sebanyak 3,7 kilogram emas senilai Rp2 miliar dibawa kabur. Berdasarkan rekaman CCTV, perampok berjumlah empat orang tiba-tiba masuk ke dalam toko saat banyak pembeli. Mereka sempat duduk. Namun, tak lama berselang mereka masuk dan mengancam pemilik dan karyawan.

Melihat pemilik dan karyawan ketakutan, mereka pun leluasa menguras emas di dalam etalase. Dari rekaman CCTV, kawanan perampok ini terlihat santai. Bahkan mereka juga tidak membawa penutup wajah layaknya, kecuali hanya masker biasa. Satu pelaku terlihat seperti memerintahkan kepada ke tiga orang pelaku lainnya. Sedangkan tiga pelaku yang mengenakan kaos hitam langsung mengambil semua perhiasan yang ada didalam etaslasi dan dimasukan kedalam kantong plastik. Tak banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemilik toko dan pegawai. Sebab, mereka ketakutan setelah mendapat ancaman akan ditimbak oleh pelaku.

“Kami semua kaget, tiba-tiba mereka masuk. Awalnnya sempat duduk dan terlibat baik-baik. Tapi setelah itu memaksa masuk dan mengambil emas. Saya juga sempat diikuti dan diancam ditembak kepala saat hendak menutup etalase,” kata salah seorang pegawai, Hestin, Sabtu (13/3/2021).

Hestin mengaku salah seorang pelaku bahkan sempat mencabut pistol di pinggangnya, mengancam semua karyawan. “Kami semua ketakutan dan tidak bisa apa-apa,” katanya. Pemilik toko, Mohamad Hasan mengaku mengenal satu di antara empat kawanan perampok tersebut. Namun, dia tidak menjelaskan identitasnya. “Kalau yang satu sepertinya saya tahu. lainnya tidak. Karyawan saya juga ada yang mau ditembak,” akunya. Hasan mengaku sudah melaporkan peristiwa perampokan tersebut ke polisi dan dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). “Polisi sudah datang dan meminta identitas kami semua,” katanya. Hasan mengatakan, aksi perampokan terjadi pada Jumat (13/3/2021) siang. Saat itu, toko emas sedang buka dan beroperasi seperti biasa.

Leave a Reply