POLSEK KOTA LUMAJANG BERHASIL UNGKAP PELAKU PENCURIAN UANG TEREKAM CCTV

Lumajang, Sinar Pos

Polsek Lumajang Kota Polres Lumajang berhasil mengamankan pria berisial AK pelaku tindak pidana pencurian uang.

Peristiwa pencurian uang terjadi pada Sabtu 13 Maret 2021 sekitar pukul 14.00 WIB di Dusun Denok Krajan, Desa Denok, kecamatan Lumajang Kota.

Tersangka di ketahui bernama AK (46) warga Dusun Dawuhan wetan, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang.
Kapolsek Kota Samsul Hadi melalui Paur subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, penangkapan terhadap AK berdasarkan laporan Polisi pada Senin 15 Maret 2021 kemarin.

Berdasarkan laporan dari korban petugas Polsek Lumajang Kota melakukan penyelidikan, dan melihat rekaman CCTV dan keterangan saksi-saksi bahwa melihat dari postur tubuh serta pakaian yang dipakai, untuk pelaku diduga adalah saudara AK.

Berdasarkan petunjuk itulah, pada Selasa (16/3/2021) sekitar pukul 14.30 WIB berhasil menangkap AK saat berada di bahwa melihat dari postur tubuh serta pakaian yang dipakai, untuk pelaku diduga adalah saudara AK.
“Dari hasil interogasi tersangka telah mengakui telah melakukan pencurian,” Ujarnya.

Pelaku melakukan pencurian saat itu, pelaku masuk kedalam rumah dalam keadaan kosong mengambil uang milik korban sebanyak Rp 4.600.000.

“Barang bukti berhasil diamankan dari tangan tersangka 1 buah dompet, uang tunai pecahan Rp 100 ribu sebanyak 3 lembar,” ujar Ipda Andrias Shinta.

Ia menjelaskan, Awalnya pada hari Kamis tanggal 11 Maret 2021 sekira pukul 19.30 WIB terakhir kali korban menyimpan uang miliknya tersebut di dalam tas yang kemudian tas tersebut oleh korban diletakkan/ditaruh pada ruang belakang area dapur.

selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 13 Maret 2021 sekira pukul 07.00 WIB korban bersama dengan istrinya keluar meninggalkan rumah dengan maksud untuk bekerja sehingga rumah dalam keadaan kosong dan juga sebelumnya pelapor menutup dan mengunci pintu rumah.

“Sekira pukul 13.00 WIB setelah selesai bekerja kemudian korban pulang menuju rumah, sesampainya di rumah selanjutnya sekira pukul 14.00 WIB saat korban akan mengambil uang yang sebelumnya dimasukkan di dalam tas tersebut diketahui uang tersebut sudah dalam keadaan tidak seperti semula, kemudian korban kembali menghintung dan diketahui uang tersebut berkurang/hilang,” ujar Andrias Shinta.

Korban penasaran dengan kejadian itu, lalu korban melakukan pengecekan di tempat yang lainnya dan diketahui juga uang yang sebelumnya disimpan pada tas kresek pada almari kamar belakang serta pada tas laptop yang berada di dalam kamar depan diketahui juga berkurang/hilang.

Kemudian korban melakukan pengecekan dam membuka rekaman CCTV yang terpasang diarea rumah korban.
“Dari hasil pengecekan rekaman cctv ada 1 orang yang tidak dikenal masuk kerumah korban,” ujar Shinta.

Atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Lumajang Kota. Dimana kejadian tersebut terjadi pada sabtu 16 Maret 2021.

“Korban melaporkan ke Polsek Lumajang pada hari Senin 15 Maret 2021,” Paur Subbag Humas Polres Lumajang.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatan tersangka saat ini mendekam di sel tahanan dan dijerat pasal 362 KUHP ( SL)

Leave a Reply