Berbekal bukti kamera pengawas CCTV, Orang Tua Ini Ajak Anak Menjambret, Jadi Profesi Sejak 2016

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM — Polisi akhirnya mengamankan Zainudin alias Udin, pelaku jambret di Jalan Jalan Harum Manis, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Dalam aksinya, Udin menyasar seorang lansia. Ia ditangkap saat hendak melakukan aksi serupa di Pasar Glodok, Jakarta Barat, Senin (22/3/2021).

Kanit Reskrim Polsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat AKP Lalu Mesti Ali menyebut, Udin sudah menekuni profesi itu sejak 2016. Bahkan, pekerjaan itu diketahui oleh istri dan anaknya — yang juga diajak saat merampas tas milik nenek Tan Siat Mie (63).

Istri dan anak tahu dan memang sudah direncanakan. Karena sudah menjadi profesinya sejak tahun 2016, ungkap Lalu sebagaimana dikutip suara.com, jaringan Ayosemarang.com, Rabu (24/3/2021).

Dalam kasus ini, istri Udin yang bernama Faizah juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Pasalnya, dia turut menjual atau menggadaikan barang curian.

Dia yang menjual atau menggadaikan hasil kejahatan, sambung Lalu.

Istri Hamil

Lalu menambahkan, Faizah dalam perkara ini tidak ditahan. Dia hanya dikenakan wajib lapor lantaran tengah mengandung janin lima bulan.

Betul, istrinya hamil 5 bulan. Karena lagi hamil jadi kami kenakan wajib lapor saja, papar dia.

Lalu melanjutkan, anak dari Udin saat ini telah dititipkan kepada neneknya. Hal itu dilakukan agar si bocah tidak dieksploitasi orang tuanya dalam melakukan tindak pidana.

Untuk anaknya kami titipkan di neneknya karena tidak dijadikan tersangka, hanya diekploitasi sama ortunya untuk diajak ikut beraksi, jelasnya.

Terkuak dari Tato

Lalu mengatakan, pihaknya lebih dulu melakukan penyidikan di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Setelah seluruh informasi tentang keberadaan pelaku, polisi mulai bergerak.

Berbekal bukti kamera pengawas CCTV, Udin tak mampu berkata banyak. Sebab, merujuk pada foto yang ditunjukkan oleh polisi, wajah Udin serupa dengan bukti tersebut.

Lalu melanjutkan, Udin merupakan seorang jambret spesialis yang kerap beraksi di sejumlah tempat. Kepada polisi, dia mengaku biasa berkasi di kawasan Glodok, Jalan Harum Manis, Karang Anyar, Mangga Besar, Pademangan, Gang Kancil, Gunung Sahari, Rajawali, Tamansari, Lokasari dan Olimo Jakarta Barat.

Guna kepentingan penyidikan lebih lanjut kemudian pelaku kami amankan ke Polsek Metro Tamansari, kata dia.

Viral

Kasus penjambretan terhadap lansia di kawasan Tamansari pada Sabtu (13/3/2021) sempat viral setelah rekaman video aksi pelakunya beredar di media sosial. Diduga pelaku penjambretan merupakan satu keluarga dengan berboncengan sepeda motor.

Parahnya lagi, dalam insiden itu pada motor tersebut juga ada seorang anak bocah yang diajak ikut lakukan penjambretan.

Aksi ini terekam video pemantau atau CCTV dan viral di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @warung_jurnalis.

Tampak dalam video itu, Tan tengah berjalan sendirian membawa tas menenteng sebuah belanjaan. Dari arah berlawanan, tetiba pemotor yang berboncengan langsung menjambret tas hingga korban terjatuh.

Luka saya di bagian mata, dengkul, dan siku, ujar korban dikutip SuaraJakarta.id—grup Suara.com—dari @warung_jurnalis, Selasa (23/3/2021). Saat itu, korban melihat pelaku memboncengi seorang perempuan di belakang dan bocah di bagian depan.

Leave a Reply