Jadi Pencuri Spesialis Toko Emas, Aksi Pasutri Ini Terekam CCTV

GROBOGAN, iNews.id – Kawanan pencuri spesialis toko emas berhasil ditangkap aparat Polres Grobogan. Aksi para pelaku yang merupakan pasangan suami istri (pasutri), videonya sempat viral di media sosial (medsos). Pasutri yang tertangkap adalah Ahmadi dan Sriyatun. Keduanya kini harus meringkuk di tahanan Mapolres Grobogan guna diperiksa lebih lanjut. Mereka sebelumnya beraksi di salah satu toko emas di Wirosari, Grobogan tiga bulan lalu.

Dalam aksinya, pasutri ini tidak hanya berdua. Namun dibantu sepasang pelaku lain yang kini masih buron. Dalam rekaman CCTV yang viral di medsos, terlihat Sriyatun bersama dua rekannya, Trimbil dan Basio terlihat memilih-milih perhiasan. Ketika penjualnya lengah, Sriyatun lalu menyembunyikan perhiasan di balik pakaian lengan panjang. Sementara, Basio dan Trimbil berada di samping berusaha mengecoh penjual lainnya.

Keduanya juga berperan mengawasi situasi di dalam toko emas. Sementara, Ahmadi berjaga dan mengawasi situasi dari luar toko.

“Saya baru pertama kali ikut karena ajakan istri. Kalau istri bersama pelaku lain sudah berulang kali di sejumlah toko perhiasan. Seperti di Demak, Kudus dan Blora,” kata Ahmadi, salah satu pelaku, Selasa (2/3/2021). Aksi mereka akhirnya berakhir di penjara setelah korban melapor ke polisi disertai bukti rekaman CCTV. Kapolres Grobogan AKBP Yuri Leonard Siahaan mengatakan, pihaknya langsung melakukan pengejaran berbekal rekaman CCTV.

“Modus pelaku dengan menyembunyikan perhiasan dibalik kaos lengan panjang. Komplotan ini merupakan spesialis pencuri perhiasan,” kata Yuri Leonard Siahaan. Saat ditangkap, uang puluhan juta hasil kejahatan mereka telah habis dibagi empat. Uang dipakai para pelaku untuk memenuhi kebutuhan hidup. Termasuk membayar uang sekolah anak-anak mereka. Polisi kini masih memburu pasangan pelaku lainnya. Identitas mereka telah dikantongi dan kini masih dikejar. Kedua tersangka yang ditangkap, selanjutnya dijerat pasal 363 ayat 1 KHUP tentang pencurian dengan pemberatan. Sedangkan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Leave a Reply